Tuesday, January 21, 2020

Koperasi Alfamart - Link Kopkar SAT Log In

Arief

Status Terbaru

  • Permohonan maaf

    Arief Rahmat Pamungkas memohon maaf kepada siapapun yang pernah merasa tersakiti oleh Saya. Semoga Anda berkenan memaafkan semua kesalahan dan kekhilafan Saya. Terima kasih
  • Permohonan Doa

    Semoga semua dosa-dosa semasa Kang Arief Rahmat Pamungkas hidup diampuni oleh Allah SWT, dan diterima amal ibadahnya, aaamiiin.. Terima kasih telah mendo'akan dan mengaminkan.

Karir

  • 2009 - Magang

    Announcer
    C Radio 88.7 FM
    Kota Banjar
  • 2010 - Kontrak

    Pramuniaga
    Ria Busana Grup
    Kota Bandung
  • 2010-2013 (Mandiri)

    Wiraswasta
    Arief Pulsa
    Kota Bandung
  • 2013 - Sekarang (Tetap)

    Staff Cashier Collection
    Finance Accounting
    PT. SAT, Tbk
    Balaraja - Tangerang

Project

Foto Arief

Contact Arief

Anda punya penawaran kerja sama?
sementara kosong

slot iklan


(Peraturan ini adalah peraturan yang lama. Peraturan koperasi Alfamart yang baru akan secepatnya di update) - Koperasi Alfamart Log In - Koperasi Alfamart Online - Link Kopkar - Koperasi Alfamart Intranet - Koperasi Alfamart SAT - Koperasi Alfamart Online Log In - Koperasi Alfamart Pencairan

Koperasi Alfamart adalah fasilitas dari Alfamart, merk dagang milik PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, yang hanya bisa digunakan oleh internal (karyawan), baik karyawan tetap, maupun yang masih kontrak.

Koperasi Alfamart di internal perusahaan familiar dengan nama Kokpar SAT, Kopkar Midi, Kopkar, dan Koperasi. Koperasi Alfamart sudah berdiri sejak lama. Dan Koperasi Alfamart adalah Koperasi dengan bunga yang relatif rendah.

Apakah Koperasi Alfamart bisa untuk eksternal (non karyawan)?


Koperasi Alfamart saat ini hanya untuk pekerja di lingkungan Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, Alfatrex, dan Lawson. Jadi, koperasi Alfamart saat ini tidak bisa diakses oleh masyarakat umum.

Untuk karyawan Alfamart yang sudah bekerja bertahun-tahun, artikel tentang koperasi Alfamart, persyaratan daftar koperasi Alfamart, cara pinjam dana tunai di Alfamart, cara menghitung maksimal pinjaman dan cicilan koperasi Alfamart, proses persetujuan pencairan koperasi Alfamart, SHU koperasi Alfamart, link koperasi Alfamart dan cara menutup akun koperasi Alfamart pasti sudah pada tahu.

Tetapi untuk karyawan atau karyawati baru, seperti yang baru diterima bekerja di Alfamart atau baru mau bekerja di Alfamart, artikel ini akan sangat bermanfaat agar tidak bertanya-tanya lagi, baik ke teman kerja maupun ke bagian koperasi di kantor cabang.

Sub Menu Utama :

Persyaratan daftar koperasi Alfamart


Anda karyawan yang baru bekerja di Alfamar? Jika iya, pasti belum mengetahui, apa saja persyaratan untuk mendaftarkan diri di koperasi Alfamart, iya kan!? Persyaratan untuk menjadi anggota koperasi Alfamart cukup mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

Formulir pendaftaran koperasi Alfamart minta ke siapa? Formulir pendaftaran koperasi Alfamart ada di bagian admin koperasi masing-masing cabang, atau sampaikan keinginan menjadi anggota koperasi Alfamart melalui koordinator wilayah (AC/Area Coordinator/Koordinator Wilayah/Korwil) anda.

Setelah resmi menjadi anggota koperasi Alfamart, tidak langsung otomatis aktif. Member baru koperasi Alfamart belum bisa langsung mengajukan pinjaman uang tunai maupun kredit barang di Kopkar.

Anggota baru koperasi Alfamart dapat mengajukan pinjaman uang atau kredit baranag setelah masa keanggotaan koperasi sekurang-kuranya telah mencapai atau lebih dari 6 bulan.

Sambil menunggu untuk mencapai syarat keanggotaan minimal 6 bulan, member kopkar sebaiknya rajin menabung. Menabung di koperasi Alfamart sangat mudah. Kita tinggal menentukan nominal tabungan sukarela dan setoran tabungan koperasi kita otomatis di debet via payroll pas gajian bulanan tanggal 28.

Sekedar informasi bahwa jumlah tabungan sukarela paling minimal adalah Rp. 10.000 dan maksimal tabungan sukarela tidak boleh melebihi 30% dari keseluruhan gaji bulanan yang diterima rutin setiap bulan.

Berapa jumlah pinjaman maksimal di koperasi Alfamart?

Batas maksimal pinjaman uang tunai maupun kredit barang di koperasi Alfamart adalah 3x dari jumlah uang tabungan kita saat ini. Dan maksimal jumlah uang cicilan selama masa pinjaman tidak boleh melebihi 30% dari gaji.

Tentang koperasi Alfamart


PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT) memberikan fasilitas untuk meningkatkan kesejahteraan bersama, berupa koperasi, khusus untuk karyawan-karyawati Alfamart. Koperasi Alfamart menyediakan fasilitas pinjaman uang tunai dan kredit barang dengan margin bunga (persentase keuntungan untuk kreditur) yang relatif terjangkau oleh anggota koperasi (ccalon kreditur/peminjam).

Di kopkar SAT tidak akan ada denda keterlambatan akibat telat bayar karena pembayaran cicilan koperasi dari kreditur dipastikan tepat waktu berkat auto debet melalui payroll berbarengan dengan pembayaran gaji bulanan karyawan setiap tanggal 28. Berikut adalah daftar produk untuk kredit barang yang tersedia di Kopkar SAT antara lain : Produk elektronik seperti smartphone/handphone, kamera SLR/DSLR, kulkas, televisi, speaker active, AC (pendingin udara), furnitur, mesin cuci, sepeda, laptop sampai motor pun ada.

Cara pinjam uang tunai di Alfamart



Buka link koperasi Alfamart. Bisa dari smartphone, bisa dari komputer/PC di kantor cabang Alfamart, maupun di komputer/pc toko-toko Alfamart. Link koperasi Alfamart bisa dilihat atau dikunjungi dibawah ini.

Untuk masuk ke website koperasi Alfamart online log in, Anda harus mempunyai kuota tentunya. Jadi website kopkar SAT ini hanya bisa diakses dengan online, tidak bisa dalam keadaan offline (tanpa data/kuota). Bagaimana jika menggunakan wifi? Bisa, tapi pastikan anda menggunakan wifi yang aman.

Hanya yang sudah diterima berkas pendaftaran koperasi secara manual (dengan mengisi lembar formulir di kertas) yang bisa log in ke website koperasi Alfamart. Log in ke koperasi Alfamart cukup menginput 8 digit NIK (nomor induk karyawan) dan password/PIN (6 digit angka) milik masing-masing.

Lakukan simulasi pinjaman terlebih dahulu agar calon debitur (peminjam) koperasi mengetahui apakah cicilan pinjaman sesuai dengan ketentuan atau tidak. Di simulasi pinjaman koperasi, terdapat pilihan nominal pinjaman, tenor (jangka waktu cicilan) sampai 36 bulan, dan informasi besaran persentase kelebihan (keuntungan untuk koperasi/bunga) yang harus dibayar debitur bersama pokok cicilan.

Dari bunga pinjaman uang tunai dan kredit barang inilah sumber dana untuk sisa hasil usaha (SHU) yang di awal tahun atau triwulan pertama dibagikan kepada seluruh anggota koperasi Alfamart.

Cara menghitung maksimal pinjaman dan cicilan koperasi Alfamart


Sudah kita ketahui bersama setelah Saya tulis diawal artikel Koperasi Alfamart - Link Kopkar SAT Log In ini bahwa maksimal pinjaman dana dan kredit barang yang di perbolehkan adalah 3x lipat dari total saldo simpanan koperasi milik anda.

Sebagai contoh jika Anda saat ini sebagai anggota koperasi Alfamart (aktif) mempunyai saldo simpanan koperasi sebesar Rp. 1.000.000, maka nilai maksimal pinjaman dana tunai dan kredit barang adalah Rp. 3.000.000.-

Anda juga harus ingat! Bahwa, maksimal uang cicilan hutang pinjaman dana tunai atau kredit barang per bulan tidak boleh lebih dari 30% gaji. Cara menghitung maksimal cicilan yang bisa Anda ajukan adalah 30 x Gaji Netto (bersih) ÷ 100 = Hasil.

Sebagai contoh jika gaji bersih anda setiap bulan adalah Rp. 10.000.000, maka sesuai rumus, 30 x 10.000.000 ÷ 100 = Rp. 3.000.000.- Ini artinya, jika pinjaman dana tunai atau kredit barang yang nilai cicilannya tidak lebih dari Rp. 3.000.000 per bulan, maka pengajuan pinjaman uang atau kredit barang dari Anda kemungkinan besar akan disetujui.

Berapa lama pengajuan pinjaman koperasi Alfamart disetujui?

Proses persetujuan pencairan koperasi Alfamart


Alur (proses) di koperasi Alfamart terbagi menjadi 4 tahap, yaitu :
  • Pengajuan via web Kopkar oleh karyawan yang bersangkutan
  • Disetujui atasan setingkat AC/AM
  • Disetujui PDM, dan beberapa nominal pinjaman atau kredit barang dengan harga tinggi + cicilan diatas 12 bulan harus mendapatkan rekomendasi atau persetujuan dari BM (Branch Manager)
  • Di cek payroll - pencairan
  • .
Pertanyaan tentang berapa lama waktu persetujuan dari tahap pengajuan pinjaman atau pengajuan kredit barang sampai pencairan dana atau penyerahan barang ke debitur tentunya tidak bisa ditentukan kapan pastinya karena tergantung skala prioritas dan kesibukan pejabat yang memiliki kewenangan untuk approval (menyetujui).

Tanggal pencairan uang pinjaman maupun kredit barang dari koperasi Alfamart ada 3 periode yaitu :

Periode pertama :

Input tanggal 01 sampai tanggal 10 Cair di tanggal 25 Contoh: Input tanggal 01-10 Januari 2020, Pencairan di tanggal 25 Januari 2020

Periode kedua :

Input tanggal 11 sampai tanggal 20 Cair di tanggal 5 bulan depan Contoh: Input tanggal 11-20 Januari 2020, Pencairan di tanggal 5 Februari 2020

Periode ketiga :

Input tanggal 21 sampai tanggal 31 Cair di tanggal 15 bulan depan Contoh: Input tanggal 21-31 Januari 2020 Pencairan di tanggal 15 Februari 2020

Jangan khawatir, Anda akan mendapatkan email dari koperasi Alfamart perihal pinjaman disetujui dan ditolak di setiap periode. Email dikirimkan ke alamat email setingkat acos/cos (toko), dan Coordinator (DC/cabang).


Imbauan untuk COS/Acos/Cashier

Uang jangan dilipat, apalagi di staples.


Bank Indonesia (BI) tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk tidak melipat, mengelem, dan menjepit uang rupiah dengan stapler. Mengapa? Karena uang rupiah adalah sebagai salah satu simbol negara Indonesia yang harus dijaga kehormatannya.

Pelanggaran terhadap ketentuan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Larangan Masyarakat untuk Merusak Uang Kertas adalah ancaman pidana 5 tahun dan denda sebesar Rp. 1.000.000.000 (1 miliar rupiah).


Klik Link Koperasi Alfamart.


Tambahkan aplikasi link koperasi Alfamart di smartphone tanpa install :
  • Buka a-arief.com dengan browser Chrome di smartphone Anda.
  • Klik ikon 3 titik di browser
  • Klik bookmark atau CTRL+D (Google chrome di PC).
  • Kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama" (Google chrome di mobile : hp/smartphone).
  • Selanjutnya klik aplikasi Koperasi Alfamart dari layar utama smartphone Anda.

Memang dahulu link koperasi Alfamart sempat hilang dan hanya bisa dibuka dari komputer jaringan internal yang ada di kantor cabang DC dan toko-toko Alfamart saja. Sekarang, link koperasi Alfamart sudah kembali bisa diakses melaui hp/smartphone/tablet milik anda. Untuk keamanan, matikan VPN saat berkunjung ke website koperasi Alfamart jika sebelumnya Anda sedang menggunakan VPN.

SHU koperasi Alfamart


Semua anggota koperasi Alfamart berhak untuk mendapatkan uang Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibayarkan hanya satu kali dalam 1 tahun di bulan Maret atau April atau setelah terlaksananya rapat anggota koperasi tahunan.

Nominal uang SHU yang didapat masing-masing anggota koperasi Alfamart akan berbeda karena manajemen Kopkar SAT memiliki pedoman berdasarkan lama keanggotaan dan keaktifan aktifitas simpan pinjam selama status keanggotaan aktif di kopkar Alfamart.

Cara menutup akun koperasi Alfamart


Ada beberapa hal yang menjadi alasan untuk menutup akun koperasi. Alasan yang umum adalah karena pertimbangan pribadi agar mendapatkan gaji yang masuk ke rekening utuh tanpa auto debet lain-lain selain dari kewajiban iuran BPJS.

Untuk menutup akun koperasi Alfamart (lebih tepatnya menon-aktifkan akun kopkar, karena selama masih bekerja di Alfamart, anggota koperasi dapat log in ke website kopkar Alfamart), caranya sangat mudah.

Minta formulir penutupan koperasi dari admin koperasi di kantor cabang Alfamart tempat Anda bertugas. Isi dengan lengkap, setelah dapat tanda tangan dari atasan langsung Anda yang setingkat manager, silakan serahkan formulir penon-aktifan keanggotan koperasi Anda kepada PDM.

Tanggal pengembalian semua dana milik Anda yang tersimpan di koperasi, tanggal pencairan akan mengikuti periode seperti saat mengajukan pinjaman. Semua dana simpanan milik Anda akan utuh saat dikembalikan jika dalam akun Anda sudah tidak memiliki kewajiban cicilan (jika ada).

Demikianlah artikel Koperasi Alfamart - Link Kopkar SAT Log In semoga bermanfaat untuk anda karyawan dan karyawati Alfamart. Tetap semangat dan selalu ceria.