Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19 | www.a-arief.com - Teman-teman, pada tahun 2010 silam, saya mengalami hambatan bisnis terberat dalam kehidupan saya. 1 dasawarsa kemudian, usaha saya kembali mengalami hambatan akibat pandemi virus corona.
Apakah diantara teman-teman, ada yang penasaran ketika akan membaca artikel ini?
Rasa penasaran tentang, apa perbedaan hambatan bisnis yang saya rasakan 1 dekade silam? Dengan hambatan bisnis saat ini?
Bagaimana cara saya bisa bertahan hidup dengan usaha yang sedang terhambat? Dan bagaimana cara saya tetap bisa menghasilkan pendapatan di masa Covid-19 sekarang ini?
Semua pertanyaan itu akan terjawab setelah teman-teman membaca artikel ini sampai tuntas. Untuk teman-teman pembaca setia blog www.a-arief.com, saya persembahkan artikel spesial Cara Mendapatkan Uang dari Internet di Masa COVID-19 Berdasarkan Pengalaman Pribadi ini untuk kalian semua.
Sub Topik Utama
- Asongan Pensiun
- Beralih ke Bisnis yang Memanfaatkan Internet
- Menghasilkan Pendapatan dari Memanfaatkan Internet
- Bisnis Online
- Keunggulan Bisnis Online
- Memulai Bisnis Online
- Strategi Bisnis Online
- Tips Bisnis Online, Rahasia Untung Besar
- Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online
- Contoh Bisnis Online dari Rumah yang Menghasilkan Pendapatan dengan Memanfaatkan Internet
- Bisnis Online Tanpa Modal
- Bisnis Online Modal Kecil Tanpa Skill
- Bisnis Online Modal Kecil yang Memerlukan Skill Tertentu
- Alternatif Bisnis Online, Ini Cara Lain Menghasilkan Pendapatan dengan Memanfaatkan Internet
Saya meyakini, setiap orang pernah mendapatkan hambatan dalam berbagai aspek kehidupan. Hanya saja, hambatan yang menimpa setiap orang berbeda-beda. Lalu, apa arti hambatan untuk saya?
Bagi saya, hambatan adalah proses menuju kesuksesan. Hambatan juga berarti ujian mental, menambah pengalaman dalam memanajemen situasi krisis, dan pelecut semangat untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas.
Hambatan bisnis adalah dinamika biasa dalam kehidupan. Saya sendiri sudah terbiasa dengan berbagai hambatan. Bahkan, saat saya menulis artikel ini, saya terhambat oleh ketiadaan smartphone, yang biasa saya pergunakan untuk menyambungkan wifi notebook ke hotspot smartphone.
Smartphone saya hilang, tidak terasa jatuh dari saku jaket saat di jalan. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekarang saya sudah mendapatkan gantinya yang lebih baik.
Menyoal hambatan usaha, dalam dua tahun terakhir ini sungguh luar biasa bagi saya. Meski begitu, saya tetap berusaha fight and spirit. Seperti apa kisah saya menghadapi hambatan usaha? Ini kisahnya.
Asongan Pensiun
Pada tahun 2010, saya berprofesi sebagai pedagang asong di kereta api lokal relasi Cicalengka-Padalarang (PP). Penghasilan saya relatif besar dari mata pencaharian tersebut. Tetapi, tambang cuan (meminjam istilah trader saham) saya itu tidak berlangsung lama.
Manajemen kereta api melarang pedagang asongan berjualan di dalam semua kereta. Bagi saya, keputusan pelarangan berjualan di kereta api adalah salah satu hambatan usaha. Karena akibat kebijakan tersebut, saya harus mencari tempat lain untuk berjualan.
Meski begitu, saya tetap bisa menghasilkan cuan dari sektor riil ini. Karena saya masih bisa berjualan di tempat lain. Masih banyak tempat alternatif untuk berjualan. Seperti pasar, terminal, halaman luar pabrik, keliling kampung, dan lain-lain.
10 tahun kemudian (saat ini), saya kembali mengalami kendala usaha akibat pandemi Covid-19. Berbeda dengan hambatan 10 tahun silam, hambatan kali ini tidak bisa disiasati dengan berpindah tempat. Mengapa?
Karena pemerintah tengah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Secara garis besar, PSBB berarti membatasi aktivitas masyarakat dari kegiatan di luar rumah. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk #dirumahaja supaya pandemi Covid-19 segera berakhir.
Akhirnya saya memutuskan untuk pensiun sejenak dari profesi saya sebagai pedagang asong. Saya mengikuti arahan pemerintah untuk tinggal di rumah. Lalu, bagaimana dengan mata pencaharian saya? Apa yang bisa saya kerjakan untuk menafkahi keluarga?
Mencoba Beralih ke Bisnis yang Memanfaatkan Internet
Karena urusan dapur keluarga tidak bisa ditunda, maka saya harus ekstra keras memutar otak mencari solusinya. Tanpa menunggu lama, saya mendapatkan inspirasi untuk mengikuti tren bisnis yang memanfaatkan internet.
Setelah saya pikir-pikir, ketimbang kuota terbuang sia-sia untuk aktivitas tidak penting, lebih baik memanfaatkan gadget yang ada dan kuota internet untuk menghasilkan pendapatan. Pendapatan di sini dalam arti materi (uang) dan immateri (ilmu, pengalaman dan kepuasan batin).
Sejak awal pemerintah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), saya membuka usaha jasa yang, dipasarkan secara online dan bergerak dalam bidang pelatihan pemasaran digital.
Sekarang ini kan lagi tren juga, orang-orang yang terdampak Covid-19 pada terjun ke industri kreatif. Kebetulan, saya memiliki sedikit pengalaman dari dunia blogging saat pulang sekolah maupun ketika libur dari jualan keliling.
Digitalisasi berbagai sektor kehidupan membuat dunia digital marketing menjadi semakin penting. Kebutuhan pengetahuan akan pemasaran digital menjadi semakin kompleks. Dewasa ini, masyarakat yang membutuhkan ilmu digital marketing semakin banyak peminatnya. Sementara itu, pemateri digital marketing masih relatif sedikit di Indonesia. Maka, saya mencoba ambil peluang itu.
Mitra saya, bahasa yang lebih friendly dari murid, adalah teman-teman yang baru terjun ke industri kreatif. Seperti yang baru belajar bisnis online dan content creator pemula. Dalam mengajar ilmu pemasaran digital, saat ini masih dilakukan secara virtual. Belum berpikir untuk membuka kelas belajar konvensional.
Bagaimana bisa, saya mendapatkan kepercayaan untuk mengajar? Karena di awal, saya sebutkan, saya berkomitmen untuk menyampaikan semua pengetahuan yang saya ketahui. Berdasarkan studi kasus (pengalaman intrinsik pribadi). Dan blog ini adalah salah satu contoh dari portofolio saya. Sebenarnya, mengajarkan teman-teman tentang teknik pemasaran digital bukan berawal dari saya. Melainkan, bermula dari permintaan teman-teman yang meminta saya mengajarkan tentang pemasaran digital.
Selain menjadi penghasilan, mengajar online tentang digital marketing juga semoga bisa membuat saya menjadi bagian dari insan yang Pancasilais, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sesuai dengan amanat pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.
Berapa penghasilan dari jasa membantu orang-orang yang baru terjun ke industri kreatif? Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, hasilnya lebih dari ekspektasi saya di awal memulai mengajar online ini. Pepatah orang bijak yang saya dengar dahulu ternyata benar. Bisnis di bidang pendidikan, kesehatan dan kuliner tidak akan pernah ada matinya.
Pada artikel ini, saya bedah sedetail mungkin tentang potensi menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa Covid-19. Artikel ini gratis buat teman-teman yang membutuhkan inspirasi. Artikel ini banyak mengandung hipnoterapi yang bisa membuat pembacanya langsung terjun ke industri kreatif. So, waspadalah!
Jadi penasaran kan apa saja sih profesi di industri kreatif itu? Apakah industri kreatif bisa diandalkan saat pandemi Covid-19? Kenapa orang-orang berbondong-bondong terjun ke industri kreatif?
Selama ini yang kita ketahui tentang industri kreatif adalah dunia hiburan. Di dunia hiburan, kita tahu sosok artis dan seniman. Padahal selain artis dan seniman, industri kreatif juga dimeriahkan oleh orang-orang kreatif yang dikenal sebagai content creator, seperti blogger, youtuber, podcaster, dan lain-lain.
Industri kreatif ini relatif masih mampu kompetitif di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Profesi content creator masih menjanjikan selama manusia menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.
Apalagi di masa Covid-19 yang sebagian besar pekerja Work from Home (WFH), aktivitas online pasti berlangsung lebih lama. Maka, pelaku usaha industri kreatif jangan kendor, buat dan upload terus karya-karya terbaiknya untuk menemani pekerja yang beraktivitas dari rumah.
Bukan hanya content creator, industri kreatif juga berisi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu contoh produk buatan UMKM pada industri kreatif adalah alat musik tradisional.
Untuk segera memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, maka mau tidak mau, selama pandemi Covid-19 berlangsung, kita harus beralih ke pemasaran online dengan memanfaatkan internet. Tanpa pandemi Covid-19 pun, sebenarnya internet sudah menjadi kebutuhan pokok semua kalangan.
Secara geografis, populasi Indonesia berjumlah lebih dari 237,6 juta jiwa (Sensus BPS 2010) dan didominasi oleh penduduk berusia produktif yang melek teknologi karena selalu terhubung ke internet. Artinya, peluang menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet (masih dan akan terus) terbuka lebar bukan?
Menghasilkan Pendapatan dari Memanfaatkan Internet
Teknologi yang kian berkembang pesat membuat kita harus mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan cepat. Di era yang serba digital, tempat usaha bukan lagi menjadi faktor krusial untuk menghasilkan uang.
Dalam usaha luring konvensional, tempat usaha yang strategis turut andil dalam kesuksesan sebuah bisnis. Terutama pada bisnis kuliner. Tetapi, faktor tempat yang strategis tidak berlaku untuk bisnis online (daring) yang saat ini sedang tren.
Bisnis Online
Dalam bahasa Inggris, bisnis online sudah familiar di telinga kita. Bisnis online sering disebut sebagai e-commerce. Dan e-commerce adalah kegiatan penawaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (baik berupa barang maupun jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, radio, televisi, dan jaringan komputer lainnya.
Kini bisnis online kian populer berkat kemunculan startup-startup marketplace. Bisnis online memiliki banyak keunggulan ketimbang bisnis konvensional. Berikut ini adalah keunggulan dari bisnis yang dijalankan secara online :
Keunggulan Bisnis Online
- Tidak memerlukan tempat yang strategis. Bisa dijalankan dari rumah. Sehingga hemat dari cost sewa tempat.
FYI saja nih guys, tarif sewa tempat berupa kios, atau rumah toko (ruko), dengan ukuran tidak lebih dari 5x5 meter persegi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (JABODETABEK) pada tahun 2020 berada pada kisaran Rp12 juta sampai Rp30 juta per tahun. Relatif mahal bukan? - Lebih hemat cost promosi.
Kalau toko konvensional (offline) kan media promosinya banyak, yaitu pamflet, leaflet, booklet, flyer, brosur, katalog, spanduk, sampai reklame neon box (outdoor).
FYI lagi nih guys, kalau pasang reklame neon box outdoor, itu kena pajak. Kalau pasang reklame neon box indoor, itu tidak kena pajak. Kalau soal tarif pajaknya, berbeda-beda, sesuai letak domisili usaha. Dari menghemat cost sewa tempat dan promosi, kita bisa menambah alokasi anggaran untuk belanja kebutuhan branding seperti membuat kemasan khusus yang menarik, promo cashback, survei berhadiah, dan lain-lain. - Tidak memerlukan jam operasional. Bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja selama terhubung ke internet.
Apa benar bisnis online bisa dilakukan 24 jam selama 7 hari? Tentu saja bisa. Kita bisa menggunakan media chatting yang sedang populer, yaitu Whatsapp. Sekarang kan pengguna Whatsapp lebih dari 1,5 miliar orang di lebih dari 180 negara.
Pelaku bisnis online bisa mulai menggunakan fitur WhatsApp API Business. Apa itu WhatsApp API Business? WhatsApp API Business adalah asisten digital dari akun Whatsapp anda, yang mampu membantu membaca dan membalas pesan masuk secara otomatis. WhatsApp API Business dapat diatur sesuai kebutuhan penggunanya.
Supaya mengetahui lebih jelas tentang WhatsApp API Business, silakan baca selengkapnya pada utas WhatsApp API Business - Bisa menjangkau market yang lebih luas, tidak mengenal jarak dan tempat. Pembeli bisa berasal dari mana saja.
Dalam bisnis yang memanfaatkan internet, berikut adalah pondasi penting saat memulai bisnis online yang harus diperhatikan oleh pemula.
Memulai Bisnis Online
Dalam memulai bisnis online, ketahui dan siapkanlah kebutuhan-kebutuhan utama yang harus dipersiapkan berikut ini :
- Melakukan riset produk/layanan apa saja yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini dan di waktu yang akan datang.
Bisnis online juga tidak asal jual produk atau layanan tanpa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang suka berbelanja secara online. Bahkan, di perusahaan-perusahaan profesional memiliki SDM khusus yang menangani Research & Development (R&D).
Luangkan waktu untuk mengamati tren belanja online yang sedang booming. Jika anda tidak memiliki waktu luang, silakan menghubungi saya untuk menggunakan jasa intelijen bisnis.
Jika memungkinkan, ikut ambil bagian pada ceruk pasar itu (produk/layanan yang sedang hits di marketplace) karena akan lebih mudah saat memasarkannya.
Sebagai contoh, di masa Covid-19 ini, produk yang banyak dicari masyarakat adalah produk-produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, vitamin, dan lain-lain. - Tentukan target pasar sesuai dengan hasil riset anda sebelumnya.
Target pasar bisa berarti apakah mau menyasar pasar lokal (dalam kota), nasional (antar kota, antar provinsi), atau bahkan global (seluruh dunia)? Menentukan target pasar ini sangat penting untuk mengetahui dukungan logistik (kurir), apakah tersedia atau tidak? - Produk yang ready stock, produksi terbaru, dan sesuai kebutuhan pasar.
Kalau bisnis online yang dirintis ingin bertahan lama dan rutin mendapatkan repeat order, maka wajib hukumnya menjual produk/layanan jasa yang berkualitas tinggi, sesuai dengan harapan konsumen.
Jika berjualan makanan kita mengenal sajian rasa yang enak akan menyebar dari mulut ke mulut, pun demikian dengan bisnis online. Bukan hanya jualan makanan saja sih sebenarnya, hanya sebagai contoh saja. Apapun jualannya, yang harus menjadi concern utama pebisnis adalah kualitas produk/layanan.
Selain itu, harga yang kompetitif, murah tapi tidak murahan. Itu cara terbaik memenangkan hati konsumen. Terlebih, untuk dapat memenangkan konsumen di pasar domestik, yang masyarakatnya terkenal kritis dan komparatif.
- Gadget yang representatif seperti smartphone, tablet, laptop, kamera DSLR, dan lain-lain yang sesuai dengan kebutuhan.
Zaman sekarang, kamera hp sudah relatif baik untuk pemotretan produk. Walaupun tidak memiliki kamera khusus seperti DSLR, jangan berkecil hati dan takut foto katalog produk menjadi jelek. Supaya hasil jepretan foto produk bisa memukau, maka pelajari dan terapkan 7 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu. - Kuota internet atau wifi.
Selama bisa terhubung ke internet, gasss terus pokoknya! Promosikan produk-produk/layanan bisnis online kita. Tips memilih provider internet untuk pebisnis online cuma satu. Pilih provider dengan jangkauan yang luas dan koneksi yang cepat. Karena percuma harga murah jika sinyal saja susah. Seperti Dia yang susah diluluhkan hatinya. Eh.. - Media sosial untuk lebih luas menjangkau calon konsumen yang potensial.
Ini yang saya katakan di atas. Dengan media sosial, selain bisa menjangkau calon konsumen seluas-luasnya, juga bisa lebih hemat biaya. Bagaimana caranya? Tentu saja promosikan produk/layanan jasa milik kita di media sosial, apapun platformnya. Saya sarankan, pergunakan semua media sosial yang telah memiliki pengguna aktif paling banyak.
Bagaimana cara melakukan promosi di media sosial? Apakah berbayar? Cara melakukan promosi di media sosial lebih banyak alternatif yang bisa dilakukan. Promosi di media sosial bisa dilakukan dengan gratis atau berbayar. Berikut adalah cara melakukan promosi di media sosial secara gratis dan berbayar.
Cara promosi di media sosial secara gratis :- Pisahkan akun media sosial pribadi dengan akun media sosial untuk bisnis online.
- Menggunakan tagar (tanda pagar = #) yang relevan dengan produk/layanan yang dipasarkan.
- Posting produk ke grup yang relevan dan marketplace.
Sedangkan cara melakukan promosi di media sosial secara berbayar cukup menggunakan layanan ads. Bagaimana dengan bayar pajaknya? Pengguna ads sudah tidak perlu memikirkan hal itu. Karena tarif layanan ads biasanya sudah include pajak.
Bagaimana dengan keaslian audiens dari menggunakan layanan ads di media sosial? Apakah yang merespons merupakan akun robot? Tentu saja kemungkinan itu ada. Tetapi, biasanya pebisnis online yang melakukan promosi di media sosial menggunakan fitur bisnis. Sehingga, bisa melihat insight dari setiap postingannya di media sosial yang digunakan.
Jika masih ragu, pebisnis online yang memanfaatkan media sosial untuk promosi, dapat menggunakan teknik promosi gratis berikut ini tanpa spam postingan. Bagaimana cara promosi di media sosial tanpa spam postingan? Mudah sekali. Penasaran? Baca terus sampai tuntas ya.
Konsumen akan jenuh bukan jika mengikuti akun media sosial yang isinya produk, produk, dan produk yang intinya itu-itu saja? Untuk itu hindari spam postingan produk pada feed. Ganti pola lama yang kuno dengan spam tanda pagar (tagar = #) menjadi door to door akun yang menjadi target pemasaran.
Cara door to door adalah berkunjung ke akun media sosial kompetitor. Lihat postingan terakhirnya dibuat kapan. Upayakan cari postingan terbaru yang tidak lebih dari 1 hari. Kemudian lihat kolom komentarnya. Jika ada yang berkomentar, entah itu bertanya atau komplain tentang produk milik kompetitor tersebut, langsung saja kita follow akun yang berkomentar tersebut.
Mengapa harus kita follow? Karena akun media sosial yang berkomentar itu memiliki interest yang sama dengan produk/layanan yang kita tawarkan. Bukan hanya itu, kita berpeluang mendapatkan follow back dari akun yang benar-benar membutuhkan produk yang juga ada pada kita. Besar harapan, akun yang kita follow tadi, bisa menjadi pelanggan potensial bisnis online kita.
Dan supaya promosi secara gratis maupun berbayar di media sosial bisa efektif menghasilkan engagement, maka posting konten produk/layanan jasa pada jam berikut ini :- Pukul 04.30 - 06.30 WIB jam sarapan pagi.
- Pukul 12.00 - 12.45 WIB jam istirahat siang.
- Pukul 17.30 - 21.00 WIB jam pulang kerja.
- Website landing page. Website landing page adalah halaman yang berisi detail produk/layanan suatu jasa. Website landing page adalah salah satu strategi digital marketing yang wajib ada dalam melakukan branding bisnis.
Branding adalah upaya untuk mempopulerkan brand/merk sebuah produk/jasa. Branding wajib dilakukan dalam bisnis untuk kepentingan jangka panjang. Itulah alasan mengapa setiap bisnis wajib memiliki website landing page.
Bahasa gampangnya, jika ada calon konsumen yang bertanya tentang suatu produk/jasa, berikan saja link website landing page bisnis kita. Kita tidak perlu repot-repot untuk menjelaskan satu per satu kepada calon konsumen tentang produk/jasa yang kita tawarkan. Kita tinggal menjawab hal-hal yang masih belum dimengerti oleh calon konsumen.
website landing page terdiri dari hosting dan domain. Hosting adalah tempat menyimpan informasi (data-data) di internet. Bisa dibilang, hosting adalah rumah dan domain sebagai nomor rumah. Domain adalah nama pengganti dari internet protokol yang unik dan menarik. Domain dapat disesuaikan dengan nama brand bisnis kita.
Untuk semakin menghemat anggaran operasional, kita bisa menggunakan domain murah, hosting wordpress terbaik yang terjangkau, dan email bisnis kapasitas besar dari EXABYTES INDONESIA.
Exabytes Indonesia telah teruji berkualitas, berpengalaman dan terpercaya sejak 2001. Exabytes telah banyak melayani pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang membuat bisnis mereka go online.
Lalu, apa saja yang harus ada dalam website landing page?
- Hypnowritting (Kalimat deskripsi produk/layanan yang menghipnotis dan persuasi).
- Detail spesifikasi produk/layanan jasa.
- Foto detail produk dari sudut pandang yang berbeda-beda dan sebanyak-banyaknya.
- Frequently Asked Questions (FAQs) berisi jawaban dari hal-hal yang sering ditanyakan calon konsumen.
- Testimoni pelanggan.
- Nomor kontak telepon/alamat email penjual/penyedia jasa yang bisa dihubungi.
- Alamat kantor operasional (offline).
- Akun media sosial resmi.
Apa keuntungan memiliki website landing page? Manfaat memiliki website landing page untuk pelaku bisnis adalah :
- Berperan besar dalam meningkatkan closing penjualan.
- Mempermudah pemilik bisnis dalam mempromosikan dan menjelaskan detail produk/layanan jasa yang ditawarkan.
- Menambah kesan trusted (terpercaya) dan premium pada suatu produk.
Jika ada teman-teman pembaca yang ingin terjun ke bisnis online, tetapi merasa belum memiliki pengetahuan dasar tentang cara membuat website landing page, jangan khawatir. Exabytes Indonesia memiliki layanan jasa pembuatan website yang bernama Web Instan by Exabytes. Dengan modal Rp300 ribuan, sudah bisa memiliki web instan dari Exabytes Indonesia. Kita tinggal membuat postingan, tanpa harus bisa coding. Menariknya, membuat website dengan menggunakan layanan web instan dari Exabytes sudah termasuk gratis domain dan SSL selamanya. Wow!
Selain web instan, Exabytes Indonesia juga melayani jasa pembuatan logo bisnis supaya bisnis online kita terlihat semakin profesional dan terpercaya. Dengan upaya branding yang maksimal, yakinlah, usaha bisnis online yang kita geluti akan semakin sukses dan abadi.
Untuk bisa survive di industri kreatif, maka diperlukan strategi bisnis online yang terencana, efektif dan efisien. Bagaimana membangun dan mengembangkan bisnis online yang menghasilkan banyak keuntungan?
Strategi Bisnis Online
Dalam membangun dan mengembangkan bisnis online, saya menjalankan cara ATM, yaitu amati, tiru dan modifikasi.
Role model yang saya amati, tiru dan modifikasi adalah strategi bisnis Exabytes, salah satu penyedia layanan kebutuhan digital terkemuka dengan layanan produk unggulan :
- Domain Murah
- Website Builder
- Email Bisnis dan Marketing
- Wordpress Hosting
- Website Hosting
- Website Security
Exabytes menjual dan menyewakan produk-produk digital. Maka, Exabytes tidak memerlukan banyak tempat usaha secara offline, selain kantor utama dan server. Meski relatif sedikit memiliki kantor operasional, Exabytes mampu melayani lebih dari 1 juta pelanggan di seluruh dunia.
Lalu, bagaimana Exabytes bisa sukses seperti sampai saat ini? Inilah yang akan saya tiru dan modifikasi pada bisnis online saya yang bergerak di bidang jasa pelatihan digital marketing.
Strategi bisnis Exabytes yang bisa saya tiru adalah :
- Dukungan layanan pelanggan yang profesional dan selalu memberikan solusi. Siap siaga melayani 24 jam x 7 hari.
- Harga kompetitif, relatif paling murah diantara kompetitornya.
- Kualitas layanan yang prima, stabil, dan sesuai kebutuhan pelanggan.
- Layanan produk digital yang lengkap.
- Banyak promo diskon menarik.
- Rutin mengadakan event seru yang edukatif (lengkap dengan bonus/hadiah/doorprize menarik). Selain bentuk lain dari branding begi penyelenggara, juga bermanfaat untuk memperkaya wawasan pelanggan.
Sebagai pengguna dan pelanggan setia, saya merasa sangat puas dengan pelayanan Exabytes. Exabytes rutin membagikan tips trik bermanfaat untuk kemajuan website, blog, dan bisnis mitra setianya.
Selalu ada inspirasi dan hal-hal baru dari Exabytes sesuai perkembangan terkini. Karena memang algoritma mesin pencari dan media sosial tempat mempromosikan bisnis selalu mengalami perubahan secara berkala.
Tips Bisnis Online, Rahasia Untung Besar dari Bisnis Online
Yang namanya pengusaha, pasti menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya, dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya. Iya kan? Apalagi untuk yang baru terjun ke dunia usaha, pasti ingin cepat kembali modal.
Tetapi yang namanya bisnis, pasti akan mendapatkan kompetitor. Sah-sah saja, selama berkompetisi secara sehat. Kemudian, supaya harga jual produk kita lebih kompetitif ketimbang harga jual produk milik kompetitor, maka rahasia untuk memenangkan kompetisi adalah menjadi tangan pertama.
Margin keuntungan tangan pertama akan lebih besar dengan menjual produk pada harga pasar. Berbeda dengan tangan kedua dan seterusnya, margin keuntungan akan semakin menipis, meski sama-sama menjual produk dengan harga pasar. Dalam dunia bisnis, hal ini biasa disebut dengan mata rantai distribusi.
Apalagi jika kita menjual produk secara online di marketplace. Konsumen pasti menggunakan filter urutkan dari harga terendah ke tertinggi. Ini artinya, produk dengan harga terendah (plus ulasan positif) adalah yang paling berpeluang banyak laku terjual.
Dewasa ini untuk menjadi importir tangan pertama dari luar negeri juga relatif semakin mudah perizinannya. Idealnya, bisnis yang baik untuk perekonomian makro suatu negara, kita harusnya sih mengekspor, bukan mengimpor. Tapi kalau belum mampu produktif untuk ekspor, imporlah produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia.
Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online
Ada teman saya yang bercerita keluh kesah tentang bisnis daringnya yang belum berkembang. Padahal, usaha konter hp offlinenya di pusat perbelanjaan modern sedang lesu karena jam operasional yang dibatasi akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Apa solusi yang saya tawarkan?
EBuzzz Email Marketing adalah solusinya. Dengan EBuzzz Email Marketing, kita bisa mendapatkan engagement tertarget. Kita bisa kirim email di waktu yang tepat sesuai target pemasaran.
Keunggulan lain dari menggunakan EBuzzz Email Marketing untuk bisnis adalah pengguna bisa kirim email promosi dengan jumlah yang banyak dengan biaya yang relatif murah.
Bagaimana cara kita bisa mengetahui apakah email promosi yang kita sebar telah berhasil dan tepat sasaran?
Pengguna EBuzzz Email Marketing akan mendapatkan laporan analitik untuk melihat bagaimana progress campaign yang telah kita buat. Kita bisa memeriksa open rate, click rate dan siapa saja yang memblacklist email promosi dari kita.
Bagaimana? Setelah membaca artikel ini, ternyata, bisnis online itu gampang-gampang mudah kan? Apa gampang-gampang susah? Baiklah, mengutip quotes dari Bob Sadino, lebih baik langsung action, terapkanlah tips, trik, strategi dan rahasia bisnis online di atas pada bisnis anda sekarang juga.
Nah buat yang mau jualan online tapi masih bingung mau menjual produk/jasa apa, berikut ini adalah daftar bisnis online yang bisa dilakukan. Semoga menginspirasi.
Contoh Bisnis Online dari Rumah yang Menghasilkan Pendapatan dengan Memanfaatkan Internet
Bisnis Online Tanpa Modal
Dropshipper
Dropshipper adalah menjual produk tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Dropshipper tidak memiliki stok. Dropshipper menjual produk tanpa modal. Dropshipper menjual produk atas nama pengirim dari supplier
Cara menjadi dropshipper sangat mudah. Anda tinggal mencari penjual yang menyediakan opsi kirim sebagai dropshipper di marketplace. Pilih penjual tangan pertama agar anda mendapatkan harga termurah. Sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual kepada pihak ketiga.
Cara mudah mendapatkan pelanggan, dropshipper harus rutin memasarkan produk, baik melalui media sosial, EBuzzz Email Marketing, spam chat, dan lain-lain. Apakah berminat menjadi dropshipper?
Bisnis Online Modal Kecil Tanpa Skill
Reseller
Menjadi reseller harus memiliki modal, meski modal yang dimiliki relatif kecil. Reseller harus memiliki stok produk. Maka, dengan modal relatif kecil, sudah bisa menjadi reseller, meski hanya memiliki sedikit stok produk. Menjadi reseller tidak memerlukan skill khusus. Semua orang bisa menjadi reseller.
Daftar produk yang biasa dijual oleh reseller antara lain :
- Skin Care.
- Pulsa dan Token Listrik.
- Produk Fashion seperti baju, celana, mukena, hijab, dan lain-lain
- Makanan Ringan (Cemilan).
Bisnis Online Modal Kecil yang Memerlukan Skill Tertentu
Ini mungkin bisnis online yang relatif sulit bagi sebagian kecil masyarakat. Tapi sebenarnya tidak ada yang sulit sih kalau kita mau belajar dan mencoba. Sebab, predikat "bisa" kan karena terbiasa (kebiasaan).
Bisnis online yang harus memiliki keterampilan khusus adalah usaha yang identik dengan custom. Contoh usaha custom antara lain :
- Cetak sablon/bordir pada pakaian, topi, tas, stiker, banner, dan lain-lain.
- Pembuatan stampel, plat nomor, nota/bon, spanduk, plakat, undangan, kartu nama, dan lain-lain.
- Membuat dan menjual software, tema blog, plugin wordpress, desain grafis, ebook, dan lain-lain.
Alternatif Bisnis Online, Ini Cara Lain Menghasilkan Pendapatan dengan Memanfaatkan Internet
Apakah diantara pembaca artikel ini ada yang merasa tidak berbakat untuk berbisnis online? Jika ada, pasti membutuhkan alternatif cara menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet, selain bisnis online, iya kan? Maka alternatif berikut ini bisa jadi lebih sesuai dengan passion kalian, terutama untuk yang berjiwa muda.
Publishing Partner Program (Google Adsense)
Pernah menonton video streaming di Youtube? Pernah melihat iklan yang tayang pada video streaming? Iklan yang tayang itu adalah Google Ads. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama Google Adsense. Apa itu Google Adsense?
Google AdSense adalah kerjasama periklanan antara pengiklan dengan publisher melalui media internet yang dikelola secara profesional oleh Google. Selain Google AdSense, masih banyak perusahaan penyedia publishing partner program. Tetapi, Google AdSense adalah yang telah terbukti membayar dan paling populer di kalangan publisher.
Saya yakin teman-teman yang sedang membaca artikel ini sudah tahu ya siapa itu pengiklan. Bahasa mudahnya, pengiklan adalah pihak yang memasang iklan. Nah, sekarang, siapa dan apa itu publisher?
Publisher adalah pembuat konten yang memublikasikan karyanya melalui media internet. Teman-teman tentu tidak asing bukan dengan istilah blogger, youtuber, dan podcaster seperti yang sudah saya singgung di atas sebelumnya. Mereka itu adalah publisher.
Ya, publisher adalah content creator. Teman-teman juga pasti sudah sering mendengar kisah sukses para content creator, iya kan? Bagaimana, tertarik terjun ke industri kreatif? Ayo mulai sekarang juga.
Teman-teman bisa membuat karya dari rutinitas kegiatan sehari-hari yang didokumentasikan menjadi sebuah video lalu upload ke Youtube. Diperlukan konsistensi dalam membuat konten yang menarik agar persyaratan publishing partner program Youtube terpenuhi, yaitu memiliki sedikitnya 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang.
Kalau teman-teman tidak percaya diri wajahnya tampil di layar, maka teman-teman bisa memilih profesi sebagai blogger, yang cara kerjanya adalah menulis artikel. Bagaimana cara menjadi blogger?
Pertama, blogger tentu saja harus membuat blog.
Cara membuat blog
- Membeli paket hosting wordpress terbaik di Exabytes Indonesia.
- Membeli domain murah juga di Exabytes Indonesia, terbukti paling murah.
- Rutin menulis artikel yang edukatif dan bermanfaat supaya mendapatkan pengunjung yang banyak.
Kedua, monetisasi blog dengan Google AdSense. Dan mulai mendapatkan cuan. Cara daftar Google AdSense pada blog tidak ada acuan baku seperti pada Youtube. Hanya saja, dari pengalaman teman-teman blogger, berikut adalah cara diterima oleh Google AdSense :
- Blog sudah berusia minimal 6 bulan dan terdapat sedikitnya > 30 artikel.
- Masing-masing artikel terdiri dari (sekurang-kurangnya) 500 kata, lebih banyak, lebih bagus.
- Buat blog yang responsive dan SEO friendly.
- Daftarkan blog ke Google Webmaster Search Console supaya terindeks di Google Search Engine (GSE).
- Blog sudah bervisitor secara organik (pengunjung blog yang berasal dari hasil penelusuran Google).
Setelah dirasa memenuhi kriteria di atas, silakan coba daftarkan blog teman-teman ke Google AdSense. Anda akan mendapatkan ID publisher. Tempelkan kode ID publisher pada blog. Tunggu peninjauan dari tim Google AdSense. Selama blog dalam tahap review, update terus blog teman-teman dengan artikel-artikel terbaru.
Pemberitahuan disetujui atau ditolak oleh AdSense biasanya dikabari melalui email yang kita pergunakan untuk mendaftar. Jika blog disetujui, kita akan mendapatkan email selamat, dan blog sudah bisa menayangkan serta menghasilkan fulus dari iklan. Iklan yang tampil di blog dapat diatur agar konten iklan tidak mengganggu pengunjung setia blog.
Cara Google AdSense membayar mitra adalah per tayangan dan per klik pada iklan. Supaya cepat mencapai ambang batas gajian dari blog (USD 100), cara pintas yang pernah saya nikmati hasilnya adalah membuat artikel berbahasa Inggris dengan tema health dan insurance.
Selanjutnya bisa teman-teman baca di Mengenal Google AdSense dan Bagaimana Cara Mendaftarnya.
Endorsement
Endorsement adalah mempromosikan produk dengan cara mereview produk itu. Endorsement lebih populer di Instagram yang menjadi ladang cuan para selebgram. Tidak hanya selebgram, kalau kita punya ratusan ribu followers aktif, tidak ada salahnya mencoba membuka jasa endorsement (paid promote).
Tarif endorsement untuk akun dengan ratusan ribu followers aktif bisa mencapai ratusan ribu rupiah dalam 1x posting. Tarif endorsement ini saya ketahui dari seorang selebgram cantik dengan followers instagram mencapai 500K followers, dia memasang tarif 800 ribu untuk 1x posting endorsement di akun IGnya.
Iklan
Penghasilan content creator, baik blogger, maupun youtuber, tidak hanya berasal dari publishing partner program dan endorsement. Penghasilan mereka bisa juga berasal dari slot iklan yang mereka sediakan sendiri.
Iklan yang mereka pajang bisa berupa banner iklan produk sendiri, atau produk orang lain yang memasang iklan di blog/channel youtubenya. Gurih sekali bukan penghasilan dari industri kreatif?
Eits tunggu dulu, masih ada lagi nih penghasilan untuk para blogger maupun youtubers. Dari apa lagi sih sumber penghasilan mereka? Ini dia nih, dari event-event atau perlombaan. Contohnya seperti lomba blog yang sering diselenggarakan oleh Exabytes ini nih guys.
Blogger-blogger senior seperti Rizka Edmanda (rizkaedmanda.com), Nodi Harahap (nodiharahap.com), Agus Setiawan (sugatangguh.com), Firmansyah (bangfirman.com), Joe Candra S.Kom (joecandra.com), dan lain-lain sudah malang melintang di dunia lomba blog.
FYI, Nodi Harahap menulis cerita, sepanjang tahun 2019 dirinya berhasil mendapatkan hadiah Rp82,7 juta (jika semua hadiah dikonversikan ke dalam bentuk mata uang rupiah) hasil dari ikut lomba blog. Pengakuan Nodi Harahap tertuang dalam artikel yang berjudul "Bermodal Internet, Ini Cara Saya Mendulang Rezeki Saat Pandemi" di blog pribadinya www.nodiharahap.com.
Setelah mengetahui sumber-sumber penghasilan dari industri kreatif ini asli adanya, orang tua dan tetangga tidak mengira kita memelihara tuyul lagi kan? Hehehe..
Setelah mendapatkan keuntungan dari bisnis online atau punya pendapatan dari membuat konten kreatif, jangan lupa sisihkan sebagian rezeki untuk orang-orang yang kurang beruntung dalam hidupnya ya guys. Apalagi, di masa Covid-19 ini hampir semua elemen masyarakat terdampak secara finansial.
Terakhir, mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga masyarakat Indonesia (khususnya untuk tenaga kesehatan dan petugas/relawan) diberikan kesehatan dan keselamatan. Serta pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Aamiiin..
Semoga artikel ini, yang bertema menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa Covid-19, bisa bermanfaat dan menginspirasi siapapun yang membacanya. (ARP)